INOVASI READING HOSPITAL RSUD dr. SOERATNO GEMOLONG

IMG-20180908-WA0033

Biblioterapi

Penerapan Biblioterapi di Perpustakaan Rumah Sakit Perpustakaan Rumah Sakit dapat bergerak aktif di dalam  mpengembangan layanan referensi, salah satunya dengan menerapkan layanan Biblioterapi. Dalam melaksanakan fungsi biblioterapi, pustakawan berkonsultasi dengan staf medis dan bagian program medis total, memacu, mengembangkan minat baca, merekomendasikan, dan menyediakan bahan bacaan melalui:

  1. Layanan Konsultasi Pembaca

Pustakawan memacu dan mengembangkan minat baca dengan merekomendasikan dan menyediakan bahan bacaan melalui diskusi dengan pasien rawat inap dan pasien rawat jalan yang datang ke perpustakaan. Pustakawan membantu pasien dengan memilihkan buku dan memberikan saran atas permintaan, kebutuhan, kebiasaan membaca, kondisi fisik, pendidikan, altar belakang sosial, pekerjaan, dan bahasa

  1. Terapi individu dan grup

Tujuan terapi individu dan terapi kelompok adalah untuk mengurangi ketegangan mental dan emosional dan untuk memotivasi pasien menuju kehidupan yang normal dengan bimbingan profesional melalui penggunaan bahan pustaka. Fungsi ini meliputi perencanaan dan pengarahan membaca dan kegiatan yang direncanakan dari resep dokter untuk  memacu kemampuan intelektual pasien dan mencegah hubungan dengan bahan berbahaya yang cenderung memacu kondisi pasien.

  1. Kegiatan khusus

Pustakawan membantu pemulihan fisik dan mental pasien dan penyesuaian dengan menciptakan dan memacu inisiatif mereka, kemandirian, dan kepercayaan diri melalui proyek proyek yang mengarah pada penggunaan bahan pustaka. Menunjukkan hobi dan pendidikan kejuruan, kelompok belajar alam, kegiatan perpustakaan untuk acara-acara khusus, dan lain-lain, berhubungan dengan pendidikan kejuruan, rekreasi, dan latar belakang budaya pasien, diorganisir dan dikembangkan oleh perpustakaan untuk mendorong pemanfaatan perpustakaan dengan proyekproyeknya. Tujuan dari proyek ini adalah untuk memacu pasien agar menggunakan inisiatif sendiri dalam melakukan kegiatan yang akan membantu penyesuaian diri.