15 Tips Musim Hujan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

tips-musim-hujan-doktersehat-696x422

Akhir tahun hingga awal bulan ditahun baru, iklim di Indonesia biasanya terasa dingin disebabkan hujan yang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam. Cuaca dingin karena hujan biasanya mudah mengembangkan penyakit, sudah saatnya Anda menerapkan tips musim hujan agar terhindar dari penyakit.

Pergantian musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan, hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya.

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Meski memang untuk beberapa orang, kehujanan beberapa kali tidak berpengaruh pada tubuh mereka, namun ada pula sebagian orang yang hanya sekali terkena hujan, langsung terkena demam esok harinya. Nah, agar tetap sehat, yuk ikuti tips musim hujan berikut ini:

1. Selalu membawa payung atau jas hujan

Tips musim hujan yang pertama adalah membawa payung atau jas hujan. Kedua benda ini penting sekali dibawa ke mana pun Anda pergi apalagi saat musim hujan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, Anda tidak akan tahu cuaca sore hari. Bisa jadi Anda terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu.

2. Konsumsi makanan sehat

Saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Jadi, terapkanlah tips musim hujan ini dengan perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

3. Cuci tangan dengan sabun

Tips kesehatan musim hujan yang satu ini tak kalah penting. Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun, dan hal inilah yang harus diubah. Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja Anda terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun.

4. Minum air bersih dan sesekali teh herbal

Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Tidak hanya itu, tips kesehatan musim hujan ini penting untuk memastikan bahwa air yang Anda minum bersih dan matang. Minum teh herbal juga baik baik sekali untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi diminum setela kehujanan.

5. Jaga kebersihan lingkungan

Musim hujan membuat badan anda rawan sekali terhadap segala macam penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai tempat dan terkadang mengendap di halaman rumah, ini bisa membawa penyakit. Jadi, sangat penting untuk menjalani tips menjaga kesehatan di musim hujan dengan membersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah penyakit bersarang.

6. Asupan Vitamin C

Tingkatkan asupan Vitamin C dalam suplemen dan bahkan bentuk alami untuk mencegah virus flu bisa menjadi tips musim hujan yang sangat musah. Mendapatkan vitamin C yang baik seperti jeruk, gojiberry, ceri, kiwi, dan bawang putih dikenal sebagai obat yang umum untuk mengatasi flu dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah kering alami dengan kandungan Vitamin C juga membantu mengobati banyak masalah kesehatan umum seperti diabetes, demam, tekanan darah tinggi, dan masalah mata terkait usia. Makanan tersebut dapat dimakan setelah dimasak, mentah, atau bahkan dikeringkan dan biasa digunakan dalam smoothie, teh herbal, obat-obatan, dan jus.

7. Mandi setelah kehujanan

Mungkin tips menjaga kesehatan di musim hujan ini terdengar konyol tetapi mandi setelah kehujanan dapat membantu mengusir banyak infeksi. Saat mandi, tambahkan beberapa tetes Dettol atau Savlon ke dalam bak air untuk menghilangkan kuman.

8. Hindari makan di luar

Tips musim hujan ini memang agak sulit bagi Anda yang suka makan di pinggir jalan. Mulai sekarang cobalah menghindari makan makanan di pinggir jalan, terutama saat musim hujan. Bahkan, Anda harus menambahkan lebih banyak makanan bergizi dalam menu makan Anda untuk menghindari kontaminasi. Selain itu, makan makanan yang dimasak di rumah dalam keadaan masih panas sangat dianjurkan selama musim hujan untuk mencegah batuk, pilek atau penyakit lainnya.

9. Hindari dinding basah

Mungkin Anda baru mendengar tips musim hujan ini. Perlu Anda ketahui, dinding basah adalah tempat berkembang biaknya jamur yang menyebabkan banyak alergi dan juga memicu asma. Oleh karena itu hindari mendekati dinding yang basah atau menyingkirkannya jika Anda memilikinya di rumah.

10. Penolak serangga

Sementara tips kesehatan musim hujan yang satu ini sudah sering Anda dengar, bukan? Jumlah nyamuk dan serangga biasanya akan meningkat saat musim hujan. Untuk mencegah gigitan nyamuk dan tetap aman dari gigitan serangga lainnya, disarankan untuk menggunakan penolak serangga ringan. Manfaatkan kelambu untuk mencegah malaria yang merupakan penyakit paling umum selama musim hujan. Juga jauhi air yang tergenang yang dikenal sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk.

11. Gunakan pakaian hangat

Saat dingin karena hujan, kenakanlah pakaian hangat atau pakaian tebal untuk menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah tubuh kedinginan. Menerapkan tips musim hujan ini juga penting jika Anda ke luar rumah.

12. Hindari menyentuh wajah Anda

Menyentuh mata dan wajah Anda ternyata akan meningkatkan risiko infeksi, karena tangan Anda mungkin telah terkontaminasi oleh bakteri atau virus saat musim hujan. Jadi, usahakan untuk tidak menyentuh wajah, sekalipun bagia wajah sedang gatal. Bila ingin menyentuh wajah, cucilah tangan hingga bersih terlebih dahulu.

13. Konsumsi makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi juga dapat membantu mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan melindungi tubuh dari infeksi flu dan pencernaan. Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi seperti alpukat, apel, pisang, pir, wortel, brokoli, bayam dan makanan berserat tinggi lainnya.

14. Kenakan alas kaki dengan baik

Cacing dan jamur dapat masuk ke tubuh melalui kaki, jadi selalu pakai alas kaki dengan benar saat keluar rumah. Pastikan juga kaki Anda selalu dalam keadaan bersih dan menggunakan sepeti atau sandal yang bersih. Tips kesehatan musim hujan yang perlu Anda perhatikan adalah jika sepatu basah karena kehujanan, selalu siapkan sandal di kantor. Pakailah sandal jika keluar rumah di saat hujan.

15. Tutup mulut Anda saat bersin

Jika disekitar Anda banyak orang atau sedang di kantor, tutupi mulut dan hidung Anda dengan kertas tisu, sapu tangan, atau bagian dari pakaian Anda saat bersin atau batuk. Tips menjaga kesehatan di musim hujan ini dapat mengurangi penyebaran virus atau bakteri.

Itulah tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Selamat mencoba, Teman Sehat!

source by DokterSehat.Com