Wajib Konsumsi, 7 Makanan Ini Mampu Tingkatkan Kesehatan Otak

cold-sorediet-5fd2d095f7371a90e8716d8bca6187d1_600x400

Otak merupakan organ terpenting yang dimiliki tubuh dimana menjadi pusat segala aktifitas tubuh, perilaku dan emosi berada. Tak hanya untuk berpikir, otak juga menjadi tempat semua syaraf organ-organ vital terhubung. Maka sudah menjadi sebuah keharusan bagi kita untuk menjaga otak kita tetap sehat. Salah satunya adalah melalui asupan makanan yang rutin di konsumsi.

Ibarat bahan bakar untuk mobil, makanan yang sehat berikut ini adalah bahan bakar yang mampu membuat otak kita bekerja dengan sempurna dan sehat. Apa saja itu? Yuk simak.

1. Salmon

1382545141944-189a7e33823f2a1fc5ad23d240729002

Bukan rahasia lagi jika ikan Salmon adalah makanan yang sangat sehat untuk otak kita.

Tapi tahukah kamu apa yang membuat kandungan di dalamnya sehat? Penting untuk dipahami bahwa otak sebagian besar terdiri dari lemak. Sekitar 60% otak kita adalah lemak. Salah satu lemak paling penting yang digunakan otak sebagai blok penyusun sel-sel otak yang sehat adalah omega-3.

Omega-3 sangat penting untuk membangun otak yang sehat tetapi salah satu omega-3 yang paling penting bagi otak adalah DHA (asam docosahexaenoic), dimana zat tersebut membentuk hampir dua pertiga omega-3 yang ditemukan di dalam otak kita. Nah kandungan kaya yang terdapat dalam ikan salmon inilah yang juga memungkinkan kekuatan otak kita bekerja dengan kapasitas penuh.

2. Blueberry

delightful-health-benefits-of-blueberries-for-babies-a512a9f8eff1fb5bc253b0f37e8781c0

Blueberry merupakan buah yang paling kaya akan manfaatnya bagi otak diantara buah-buahan lainnya. Kandungan antioksidannya yang tinggi, terutama anthocyanin, mampu membantu melindungi otak dari stres.

Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa makan blueberry secara teratur tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan otak tetapi juga kinerja otak, termasuk daya ingat.

Blueberry gak hanya rasanya enak tetapi juga rendah kalori, tinggi vitamin C, Vitamin K dan mangan. Manfaatnya pun tak hanya untuk otak, tetapi juga mampu meingkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, dan menurunkan gula darah.

3. Brokoli

Setelah jenis daging dan buah-buahan, kini giliran jenis sayuran yang baik untuk otak. Gak lain dan gak bukan adalah brokoli.

Brokolihealth-benefits-of-broccoli-1296x728-feature-bde87ac5e7d5a2a811cad04da744a6f8 mengandung senyawa yang disebut sulforaphane, yang telah terbukti meningkatkan kelangsungan hidup sel-sel otak dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan neurogenesis, produksi sel-sel otak baru.

Brokoli juga sarat dengan nutrisi penting seperti Vitamin K dan Folat. Vitamin K berperan penting dalam melindungi sel-sel otak, sedangkan folat berfungsi sebagai detoksifikasi.

4. Kacang kenari

Jika kamu tidak suka dengan ikan Salmon, kamu bisa mengkonsumsi kacang kenari yang juga kaya akan omega-3 DHA. Kacang kenari juga mengandung antioksidan, folat, magnesium, potasium, dan fosfor dalam jumlah tinggi, yang membantu menurunkan peradangan otak.

Kacang Kenari juga mengandung melatoninyang merupakan nutrisi penting untuk mengatur kualitas tidurmu. Memiliki jumlah melatonin yang rendah dapat membuatmu sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Akibatnya, kualitas tidur yang buruk dapat secara dramatis mengganggu kesehatan dan kinerja otak.

Gak hanya baik untuk otak, kandungan di dalam kacang kenari juga mampu menurunkan kolesterol dan mencegah kanker payudara.

5. Telur

Telur merupakan makanan yang gak hanya murah meriah, namun memiliki kandungan gizi yang sangat kaya. Telur, terutama kuningnya, mengandung senyawa yang disebut kolin. Kolin sangat penting untuk membangun asetilkolin dimana memainkan peran penting untuk suasana hati, memori, dan kecerdasan.

Kadar Kolin yang rendah dalam tubuh kita dapat menyebabkan peningkatan peradangan, kesulitan berkonsentrasi dan kelelahan.

Gak hanya itu, telur juga mengadung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng. Sehingga memiliki manfaat lainnya seperti untuk kesehatan mata dan meningkatkan masa otot.

6. Kunyit

Negara kita merupakan negara yang sangat kaya raya akan rempat-rempah. Diantara yang paling kaya kandungannya adalah kunyit.

Senyawa utama kunyit yang bermanfaat bagi otak disebut curcumin yang membuat penampilan kuning cerah kunyit. Curcumin telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antivirus, antibakteri, antijamur, dan anti-kanker.

Curcumin juga meningkatkan produksi dan ketersediaan dua neurotransmitter penting, yaitu serotonin dan dopamin, yang merupakan zat penting yang terlibat dengan perasaan kebahagiaan, motivasi, dan kesenangan.

Tak hanya itu, kunyit juga mampu mengurangi risiko peradangan, penyakit otak, dan melawan enzim yang mendorong pertumbuhan sel kanker serta mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer.

7. Dark chocolate

Siapa di dunia ini yang gak suka dengan cokelat? Gak hanya sangat enak, dark chocolate terbukti memiliki fungsi yang baik bagi tubuh kita. Selain membuat kita merasa lebih bahagia akibat kandungan endorfin di dalamnya.

Dark Chocholate juga mampu melancarkan aliran darah ke otak, sehingga dapat meningkatkan daya ingat, perhatian, dan fokus kita.

Kandungan magnesium dalam dark chocolate mampu membuat otak kita lebih rileks.  Nah, itulah 7 makanan yang sangat bagus dan bermanfaat untuk kesehatan otakmu untuk dikonsumsi secara teratur. Yuk, biasakan mengonsumsinya.